Wednesday, January 15, 2014

Belajar dari kehilangan?

Tangerang 15112014.

Ternyata angka ini mau gak mau ada kenangannya juga. Dulu suka prihatin, sedih dan ikut berduka jika mendengar teman, tetangga, kerabat atau siapapun yang mengalami kehilangan kendaraan baik roda 2 atau roda 4. Apalagi jika kejadiannya sangat tidak mungkin terjadi karena di tempat ramai, siang hari, atau dengan posisi kunci yang aman. Karena jujur saja, saya dan keluarga hampir belum pernah mengalaminya. Ternyataaaa begini ya rasanya. Hm.. apa ya bukan gak terima tapi sekejap gak percaya ternyata "maling" memilih kami untuk dijadikan majikannya hari ini. Bukan karena barangnya yang berharga (pasti ya karena bisa diuangkan :P) tapi lebih dari itu pertanyaan di kepala, "apa ya kira-kira maksud Allah dari kejadian ini", maksudnya Allah pasti punya skenario terbaik dari semua ini buat kami, bisa jadi teguran, ujian atau yang lainnya.
Sudah beberapa kali saya atau kami mengalami kehilangan dari uang atau handphone, baik diambil orang atau rusak. Rusak juga berarti hilang kan? Sebenernya tidak ada yang perlu dicemaskan hanya kadang untuk handphone yang saya sayangkan adalah data-data didalemnya yang kadang masih sangat pribadi untuk boleh diliat oleh orang lain, tapi atas dasar husnudzon maka perasaan kekhuatiran itu lenyap perlahan.
Duluuuuu sekali saya termasuk orang yang sangat down ketika terjadi kehilangan, apapun. Tapi semenjak mengenal suami yang sekarang jadi partner hidup saya, perlahan-lahan saaya lebih nrimo menghadapi situasi kehilangan. Saya mendadak merasa harus introspeksi diri, mencongkel diri lebih dalam, karena saya percaya segala sesuatu yang terjadi pada kita, baik atau buruk, adalah akibat ulah kita juga. Dan saya juga percaya, semuaaaa apapun didunia ini harta, jabatan, keluarga, semua adalah titipan, yang sekarang boleh kita nikmati, boleh kita pakai, tapi jangan lupa itu hanya titipan, hak milik sepenuhnya milik Allah. Maka ketika pagi ini kami menghadapi motor kesayangan pak suami sudah berpindah tangan maka kami cuma bisa terdiam dan sedikit tercengang lalu berkata berbarengan, "yaudah mau gimana lagi belom rejeki" sambil cengengesan hihihi.
Lebih nrimo lagi karena ya alhamdulillah, kami sudah diberi amanah untuk merasakan naik kendaraan tanpa keujanan kepanasan, ya alhamdulillah baru 2mingguan ini udah ada si roda 4 bertengger dirumah. Alhamdulillah ini juga rejeki ya amanah ya kepercayaan yang Allah berikan untuk kami. Gak perlu kegencet lagi ni perut buncit karena naik motor kemana-mana sama gilby. Gak keujanan lagi. Ya alhamdulillah.

Jadi ceritanya nih... kita baru pulang liburan ke jogja dari hari jumat, nah baru nyampe selasa pagi. Kejadian terjadi rabu dini hari skitar jam 1an sampe jam 3an kali ya. Motor diparkir diluar rumah didalem pager, disamping pager kecil depan pintu rumah tepatnya. Motor digembok sperti biasa, eh luar biasa lagi karena 2x gembok. Pager juga digembok rapih plus dikasi ganjelan kursi biar kalo ada yang masuk jadi berisik. Dan portal yang baru dibangun beberapa hari ini atas inisiatip kita warga seblok juga gemboknya dibabat loh, keren yah :P
Bangun jam 5 pagi karena pengen pipis dan sekalian subuh. Keluar dari kamar mandi agak bengong lama liat pintu pager yang kebuka dan langsung bisa liat rumah tetangga. Buru-buru liat jam, kirain si mbaknya keluar beli sayur. Masih jam 5 kurang cyin, masi gelap gak mungkin kita yang keluar. Inisiatip langsung buka pintu rumah, sambil dag-dig-dug masak si abi lupa nutup pintu? Dan eng ing enggg, seperti ada yang ilang tapi belum ngeh juga. Abis suasananya rapi jali. Akhirnya bangunin abi,
"bi.. bi.. motor taroknya dimana?"
"Didepan.. " sambil bengong dianya karena baru "nyadar"
"ohh kayaknya udah gak ada lagi deh bi coba diliat".
Si abi celingak celinguk sebentar, lalu diem aja. Dan bener skali sodara-sodara...motor fixion yang dibeli dari hasil nabung gaji-gaji awal PNS 2008 dulu raib.
Hm.. untuk beberapa lama kita cuma bisa diem, gak tau mau ngapain. Maksudnya yaa secara yaa baru bangun tidur terus harus menghadapi situasi ini. Hihi. Akhirnya yaudah deh sholat dulu, ngaji bentar. Baru deh nyadar semua hanya "pinjeman", sekarang udah abis waktunya, jadi ya dibalikin lagi. hihi.
Ada satu motor lagi yang kemaren dibeli buat aku ke kantor, motor bekas sih. tapi karena jarang dipake jadinya sekarang ngadat parah gak keurus. Nah semenjak dikasi pinjeman mobil, niat dalam hati aja nih pengen ngasih tuh motor (tapi stelah dibenerin ya) buat siapa kek yang bener-bener ngebutuhin, ini sih terinspirasi dari ustad YM. Tapi itu masih dalem hati aja, belom disampein kesuami. Eh ternyata malah lebih bagus jika yang disedekahin motornya si abi wkwkwk... Baiklah, baiklah...
Eh inget-inget tadi malem tuh pules bener kita tidurnya, mungkin sih karena abi perjalanan jauh kan yaa jkt-jogja PP naek mobil kan capek juga. Tapi sebenernya ada bangun sekali sih malem karena kebelet pipis, tapi gak ngeh udah "dikerjain" apa belom, gak ngeh juga liat itu jam berapa. Yang jelas sih kita masuk kamar jam 9 langsung ngorok, gilby juga tumbennya nangisnya cuma sekali. Eh apa pas dia nangis itu yaa.. ah ntah lah. Cuma bisa berharap smoga pindah ke tangan yang bener-bener membutuhkan. Dan semoga dosa-dosa kami bisa dibersihkan dengan kejadian ini, gak minta diganti kok, cuma bener-bener berusyukur aja alhamdulillah gak nyampe masuk rumah. Walo sekarang udah merasa gak aman, dan udah ada wacana pindah rumah, tapi yasudah dinikmati dulu yang sekarang.
PR selanjutnya ya lebih waspada lagi, banyak doa, dan lebih hati-hati mengais rejeki. Yah bisa jadi rejeki yang selama ini masuk kantong ada terselip yang engga berkahnya, makanya "dicuci" dengan kejadian ini, aminnnn semoga ya Allah. Dan niat kita untuk sedekah ke beberapa yang kemarin kepending karena nunggu si tunjangan yang belum keluar, akhirnya kita akan sgerakan gimana caranya. Kadang niat uadah muter-muter diotak tapi malah suka kepending hhhhm manusiaaaa banyak banget excusenya ya :)

 Jejak-jejak kaki detected


Kursi digeser mepet ke dinding supaya lebih mudah beraksi :D


No comments:

Post a Comment